Hari Ini:

Jumat 14 Dec 2018

Jam Buka Toko:

Pkl 08.00 - 16.00 WIB

Telpon:

0341-578742

SMS/Whatsapp:

0852 3311 1221 - 0852 340 89 809

Line ID:

hildan_safety

Email:

info@hildansafety.co.id

Perbedaan Tensimeter Manual dan Tensimeter Digital

28 July 2017 - Kategori Blog

Beberapa macam alat pengukur tekanan darah  ada 3 macam yaitu tensimeter raksa, tensimeter jarum atau anerodi dan tensimeter digital. Dengan kemajuan zaman saat ini tensimeter terdapat dua macam  yaitu tensimeter manual dan tensimeter digital. Tensimeter manual atau konvensional adalah tensimeter yang cara penggunaanya dengan metode manual. Jenis  tensimeter ini lebih umum digunakan oleh tenaga medis. Tensimeter manual berdasarkan bahan indikatornya, ada dua jenis yaitu tensimeter raksa dan tensimeter non raksa. Tensimeter manual ini menjadi pilihan oleh para petugas medis dulu. Sedangakan yang terbaru adalah Tensimeter digital sebagai tensimeter yang bisa digunakan secara otomatis. Alat ini menggunakan alarm digital sebagai indikator pengukuran. Anda mungkin dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing – masing tensimeter tersebut.

Berikut merupakan sedikit ulasan kelebihan dan kekurangan  dari tensimeter konveksional (tensimeter air raksa dan tensimeter aneroid) dan tensimeter digital sebagai berikut :

  1. Tensimeter Air Raksa

Alat tensimeter ini memerlukan stetoskop untuk mendengar munculnya bunyi suara tekanan sistolik dan distolik pada jantung.

Kelebihan :

  1. Merupakan golden standart pemeriksaan tekanan darah
  2. Hasil yang di dapat akurat
  3. Tahan lama atau awet dalam jangka panjang

Kekurangan :

  1. Memerlukan Tenaga Ahli untuk melakukan pemeriksaan
  2. Dapat terkontminasi logam berat seperti merkuri, jika air raksanya mengalami kebocoran ataupun sampai pecah.
  3. Tensimeter Aneroid

Tensimeter aneroid atau jarum ini lebih ama karena tidak lagi menggunakan air raksa tetapi meggunakan putaran berangka sebagai penggantinya.

Kelebihan :

  1. Lebih aman daripada tensimeter air raksa
  2. Hasil yang didapat akurat

Kekurangan :

  1. Memerlukan tenaga ahli untuk melakukan pemeriksaan
  2. Menggunaka putaran ber-angka sebagai penggantinya
  3. Tensimeter Digital

Tensimeter digital merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk mengukur tekanan darah yang bekerja secara digital (otomatias).

Kelebihan :

  1. Aman karena tidak menggunakan air raksa yang beresiko radiasi logam berat
  2. Praktis, hasil pengukuran langsung ditampilkan pada layar digital
  3. Multifitur, alat ini biasanya dilengkapi juga dengan beragam fitur lain yang bermanfaat

Kekurangan :

  1. Tingkat akurasi pengukuran lebih rendah dari pada tensimeter raksa. Akurasi pengukuran pada tensimeter digital ini dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya kondisi baterai (daya), usia pemakaian (semakin lama pemakaian semakin menurun tingkat akurasi) dan teknologi produk. Oleh karena itu kalibrasi secara berkala perlu dilakukan. Dan untuk proses kalibrasi digunakan tensimeter air raksa.

Dengan mengetahui sedikit ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari tensimeter konvensionl (tensimeter air raksa dan tensimeter anerodi) dan  tensimeter digital, maka Anda dapat mempertimbangkan pilihan Anda. Jika Anda membutuhkan tensimeter maka pilihlah yang sesuai dengan Anda.  Untuk informasi mengenai alat – alat kesehatan Anda dapat mengubungi customer service kami yang akan memebnatu Anda menemukan tensimeter yang pas dna cocok untuk Anda. Dengan berbagai jenis alat kesehatan yang kami miliki , menerima pemesanan dari jumlah satuan sampai grosir. Kami juga dapat mengirimkan produk kesehatan ke seluruh Kota di Indonesia diantaranya Kota Jakarta, Bandung, Aceh, Surabaya , Malang, Bogor,  Medan,  Ngawi, Madiun sampai dengan Sorong Papu bahakan kami juga dpaat mengirim ke luar negeri.

Pemesanan hubungi :
+62 341-578742 ( Kantor )
0852 3311 1221 (HP & WhatsApp)
0852 3408 9809 (HP & WhatsApp)
0852 3311 1156 (HP & WhatsApp)

Email :
info@jualsepatusafety.com & info@hildansafety.co.id

Website :
www.HildanIndonesia.com & www.HildanSafety.co.id

PT.HILDAN FATHONI INDONESIA :
Jln.Moch.Rasyid No.9 B, RT.12 RW.O3, Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Sukun, Kota
Malang – Jawa Timur – INDONESIA 65147.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,